Kandungan Gizi Dalam Bekatul

 On Rabu, 20 Agustus 2014  

Bekatul diperoleh dari lapisan luar kulit ari beras putih yang didapatkan dari proses penggilingan padi. Bekatul mengandung bahan-bahan bioaktif pangan yang kesemuanya berkhasiat bagi kesehatan organ tubuh manusia. Bekatul biasanya kisarannya sebanyak 10 % dari keseluruhan hasil penggilingan padi yang terdiri dari lapisan aleurone beras (rice kernel), endosperm dan germ.


Bekatul dr. Liem telah diproses dan diolah secara higienis sehingga menjadi bubuk bekatul yang halus. Bekatul seperti yang telah ditulis pada artikel : Kandungan Nutrisi pada Bekatul memiliki kandungan yang kompleks seperti karbohidrat, protein, mineral, lemak, vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B5, B6 dan B15), gama orizanol, fitosterol, tokorienol, inositol, fitat, asam ferulat, asam amino, asam lemak tak jenuh, dan serat.

Sementara itu manfaat dari setiap kandungan nutrisi yang terdapat dalam bekatul beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Vitamin B3 dan B5 berfungsi untuk membantu melepaskan energi dari asupan makanan yang kita konsumsi sehingga dapat dimanfaatkan oleh tubuh serta mempertahankan kesehatan dari sistem susunan syaraf dan menjaga kesehatan rambut.

2. Vitamin B6 berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah serta menjaga kesehatan sistem syaraf.

3. Vitamin B15 fungsi utamanya adalah untuk membantu menyempurnakan proses metabolisme di dalam tubuh.

4. Inositol memiliki fungsi yang cukup luas dalam tubuh. Ia berfungsi sebagai transduksi sinyal dari hormon insulin, pemeliharaan membran sel, mengurangi depresi dan kepanikan serta perawatan dari kanker jika digabung dengan asam phytic, modulasi aktivitas dari serotonin, menghancurkan lemak, mengurangi kadar kolesterol dalam darah, penanda plasma dari sifat keturunan, pencegah bulimia, gabungan sytoskeleton, pengendalian syaraf, pengendalian konsentrasi kalsium dalam sel. Inositol juga  digunakan dalam usaha kontraksi otot dengan lebih efisien serta mengefektifkan penggunaan lemak tubuh sebagai bahan bakar latihan.

5. Asam ferulat berguna untuk menurunkan tekanan darah dan lemak darah.

6. Gama orizanol untuk menurunkan kadar kolesterol darah, mencegah arteriocklerosis, dan menghambat proses penuaan dini.

8. Fitosterol berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dan memperbaiki regulasi kolesterol darah sehingga kembali pada tingkat normal.

9. Tokotrienol adalah antioksidan kuat yang berguna untuk mencegah terjadinya oksidasi sel tubuh.

Selain nilai gizi diatas, yang menarik dari bekatul adalah kandungan vitamin B15 alami yang sangat kaya. untuk lebih jelasnya mengenai vitamin B15 dan fungsi serta kegunaannya dalam tubuh dapat dibaca pada artikel berikut :

Apa itu Vitamin B15
Fungsi dan Manfaat Vitamin B15

Demikian kandungan gizi dalam kulit ari beras / rice bran. Semoga khasiat dan manfaat bekatul semakin berguna bagi masyarakat Indonesia.

Referensi : Buku Bekatul Makanan Yang Menyehatkan. Karangan : dr. Liem & Dra. Zalni Yetti Razali, MPd dan Wikipedia English
Kandungan Gizi Dalam Bekatul 4.5 5 Admin Situs Rabu, 20 Agustus 2014 Bekatul diperoleh dari lapisan luar kulit ari beras putih yang didapatkan dari proses penggilingan padi. Bekatul mengandung bahan-bahan bi...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar