Manfaat Dan Khasiat Bekatul dr Liem

 On Selasa, 19 Agustus 2014  

Yusuf Nursalim atau lebih dikenal dengan nama dr. Liem bercerita tentang awal mula ketertarikan beliau terhadap manfaat dan khasiat bekatul. Dulu beliau membaca sebuah buku yang berjudul The Merek Index edisi ketujuh tentang manfaat Vitamin B15 (asam pangamat) untuk kesehatan. Vitamin ini pertama kali ditemukan oleh Dr. Ernst T. Krebs, beliau adalah seorang ahli Biokimia dari San Francisco, Amerika Serikat. Krebs pada awalnya mengisolasi vitamin itu dari biji aprikot. Hanya saja yang digunakan untuk penelitian bukanlah vitamin B15 alami yang bersumber dari tumbuhan, tetapi yang digunakan adalah vitamin B15 sintetis (buatan).


bekatul

Yang membuat dr. Yusuf Nursaliem tertarik adalah Krebs menyebut vitamin ini banyak terdapat di rice bran atau kulit ari beras alias bekatul. dr. Liem tahu betul bahwa bekatul di Amerika mungkin sulit didapat tapi di Indonesia sangatlah melimpah dan sangat gampang diperoleh. Berbekal pengetahuan itulah dr Yusuf Nursaliem yang waktu itu berdinas sebagai tentara mencoba melakukan percobaan semi-ilmiah. Mula-mula ia menjadikan dirinya sebagai ”kelinci percobaan”. Hasil percobaan beliau tersebut diamati dan hasilnya beliau mendapatkan beberapa manfaat dan khasiat bekatul sebagai berikut :

Manfaat dan Khasiat Bekatul : Tubuh Menjadi Lebih Fit dan Stamina Tidak Gampang Lelah.
Selama sebulan, beliau mengkonsumsi bekatul sebagai makanan tambahan sebanyak 2 kali sehari, pagi dan malam. Kulit ari beras mentah dicampur dengan susu atau teh. Pagi hari sebanyak 20 gram, dan malam hari sebanyak 20 gram. Dari percobaan itu, ia merasakan perubahan yang berarti. Badannya lebih fit, stamina tubuh berubah menjadi tak gampang lelah jika melakukan latihan fisik ketentaraan. Biasanya pasien dr. Liem yang mengkonsumsi kulit ari beras rata-rata juga merasakan hal yang sama, yaitu manfaat dari bekatul yang terasa adalah tubuh menjadi lebih fit dan stamina tubuh terasa seperti muda kembali. 

Manfaat dan Khasiat Bekatul : Melancarkan Buang Air Besar.
Selama satu bulan pemakaian bekatul, dr. Liem merasakan buang air besar pun menjadi lebih lancar. Frekuensinya juga lebih teratur,  yaitu menjadi 1 - 2 kali sehari. Sebelum mengkonsumsi kulit ari beras, dr. Liem biasanya buang air besar dua hari sekali. Hal ini wajar juga dialami oleh mereka yang mengkonsumsi kulit ari beras karena kulit ari beras juga mengandung serat yang berguna pada saluran pencernaan. Bahkan pada sebagian kecil pengguna pada awal-awal pemakaian sempat mengalami diare ringan, namun hal tersebut hanya terjadi pada sedikit orang dan hanya terjadi pada saat-saat pertama pemakaian saja.

Manfaat dan Khasiat Bekatul : Menyembuhkan Asma.
Pengalaman terbaru dalam pemakaian bekatul dalam 5 - 10 tahun terakhir adalah dalam mengobati penyakit asma, dr. Liem selalu menggunakan obat-obatan yang secara umum dipakai oleh para dokter dan dokter internis. Jadi dr. Liem memang selalu menggunakan standar pengobatan umum medis, namun beliau selalu menganjurkan pasiennya untuk secara rutin mengkonsumsi bekatul sebagai pendamping obat medis. Hasilnya sangat memuaskan, bahkan tidak jarang hasil yang didapat sangat mengejutkan.

Khusus bagi mereka yang mengkonsumsi bekatul secara teratur, penyakit asmanya tidak pernah kambuh atau jarang sekali kambuh, kalaupun kambuh hanya ringan saja. Sehingga bagi yang ingin merawat penyakit asma dengan bantuan pangan alami bisa mulai mengkonsumsi bekatul secara rutin. Manfaat bekatul akan mulai terasa apabila dikonsumsi secara rutin.

Manfaat dan Khasiat Bekatul : Menurunkan Berat Badan.
Bekatul adalah makanan berkalori rendah namun berserat tinggi. Untuk mengurangi obesitas, makanlah bekatul 3 x 1 sendok makan munjung per hari. Pagi makan 3 sendok makan munjung, perut kita akan terasa kenyang. Siang hari, makan karbohidrat sedikit saja. Jika masih lapar makanlah buah-buahan dan sayur-mayur, boleh ditambah 2 sendok makan bekatul. Malam hari kurangi karbohidrat, makan saja buah-buahan atau 2 sendok makan bekatul.

Manfaat dan Khasiat Bekatul : Membantu Menyembuhkan Penyakit Basedov (Gondok).
Beberapa tahun yang lalu pernah datang kepada dr. Liem seorang pasien perempuan yang menderita penyakit gondok (basedov), kelenjar thyroid nya membesar. Dokter Liem kemudian mengkonsultasikan ke internis yang memberikan pengobatan dengan PTU (Propil thio uracil) dan neomercasol, tetapi jalan sekitar 1 - 2 bulan pengobatan tumornya tetap membesar/ tidak mengecil dan tidak ada perubahan yang berarti. Kemudian pasien perempuan tersebut disarankan untuk  menempuh jalan operasi saja, tetapi pasien ini menolak karena takut operasi. Lalu dr. Liem mencoba untuk menambahkan resep kulit ari beras selain obat kimia.

Setelah jalan sekitar beberapa bulan ternyata tumor yang diderita pasien tersebut hilang total. Sebenarnya hal ini membuat dr. Liem heran pula. Setelah pengalaman tersebut dr. Liem lalu mulai menambahkan kulit ari beras untuk pasien berpenyakit basedov. Selanjutnya dalam pengalaman beliau sempat mengobati 3 pasien berpenyakit basedov (T3 - T4 tinggi) dengan bekatul dan PTU (obat murah), lambat laun tumor para pasien tersebut makin kecil dan lama kelamaan hilang dengan sendirinya.

Manfaat dan Khasiat Bekatul : Mengatasi Diabetes.
Salah satu kasus dialami pasien dr. Liem. Pasien tersebut seorang insinyur. Ketika pertama kali datang berat badannya sudah menurun drastis dan kadar gula darah 400 mg/dl. Pasien itu sudah impoten dan hanya punya seorang anak. Dokter Liem memberi resep Glibenclamid sehari 1 tablet ditambah bekatul dr Liem 3 kali 1 sendok makan (satu sendok makan) disertai diet. Setelah jalan beberapa bulan Kadar gulanya berangsur-ansur turun dan impotensinya sembuh, bahkan memperoleh satu anak lagi. Sekarang pasien tersebut hanya mengkonsumsi kulit ari beras, tanpa obat-obatan lagi.

Manfaat dan Khasiat Bekatul : Mengatasi Impotensi.
Bekatul menurut pengalaman dr. Liem juga mampu meningkatkan gairah seksual pada pria. Setelah mengkonsumsi bekatul selama 1 - 2 bulan menurut perkiraan dr. Liem, bekatul dapat meningkatkan kesuburan pada wanita. dr. Liem telah mencobanya sendiri pada beberapa pasien beliau, diantaranya ada yang sudah 3 - 4 tahun menikah namun belum dikaruniai satu anak pun. Setelah pasangan suami istri itu rutin mengkonsumsi kulit ari beras secara teratur 3 kali 1 sendok makan setiap hari, ternyata dalam waktu beberapa bulan si istri hamil.

Bila ada yang di vonis menderita kista ovarium dan dokter kandungan menganjurkan untuk operasi, jika ingin mencoba cara alternatif untuk mengatasi kista boleh mencoba mengkonsumsi kulit ari beras dengan 3 x 1 sendok makan sehari. Ada beberapa penderita kista, setelah makan kulit ari beras hilang total dalam beberapa minggu, termasuk anak saya yang kemudian bisa hamil.

Manfaat dan Khasiat Bekatul : Mengatasi Gangguan Jantung.
Kepada beberapa pasiennya, dr. Liem memberi saran untuk mengganti beras giling dengan beras PK (masih penuh bekatul).Khususnya kepada para penderita penyakit jantung yang datang berobat kepada beliau, selalu dr. Liem anjurkan untuk menambahkan bekatul di samping meminum obat-obatan khusus jantung resep dari dokter. Penambahan makan bekatul disarankan setelah pasien berkonsultasi dengan kardiolog yang menanganinya. Ada beberapa kardiolog yang kaget atas khasiat bekatul setelah melihat EKG seorang pasien menjadi normal setelah makan bekatul antara 6 - 8 bulan.

Dan masih banyak beberapa pengalaman dr. Liem dalam penyembuhan penyakit lainnya dengan bantuan kulit ari beras. diantaranya gangguan ginjal, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, serangan jantung ringan, penyempitan pembuluh darah jantung, obesitas atau berat badan berlebih, penyakit maag, obstipasi, konstipasi, dan beberapa penyakit lainnya.

Saran Pemakaian Bekatul
Berikut adalah beberapa saran pemakaian bekatul untuk berbagai masalah kesehatan dan untuk menjaga stamina.

-Untuk menjaga kesehatan/stamina:
30 gram (1 sendok makan) sehari (pagi dan sore masing-masing 15 gram), atau sekaligus 30 gram pada saat pagi hari. Penyajian dapat diseduh 1 gelas air panas/mendidih, atau air hangat-hangat kuku. Jika ingin lebih manis dapat dicampur dengan gula merah, gula putih, atau sakarin / gula buatan (bagi penderita kencing manis), susu, cokelat, sup, bubur kacang hijau, havermut, mie instan, santan kelapa, dll.

-Bekatul sebagai makanan tambahan bagi pasien dalam proses pengobatan.
Dosisnya dapat ditambah hingga 90 gram/ 6 sendok makan per hari. Pemberian dosis dilakukan secara bertahap mulai 2 sendok makan per hari setiap pagi dan malam. Lalu setelah 1 minggu dapat ditambah menjadi 4 sendok makan per hari, 2 sendok makan pada pagi hari, lalu 2 sendok makan pada malam hari. Lalu setelah 2 minggu dapat ditambah menjadi 6 sendok makan per hari, 3 kali sehari, pagi, siang, dan malam hari. Ketika keluhan dirasakan membaik, dosis dapat dikurangi hingga 2 sendok makan/ 30 gram per hari.

Namun walaupun bekatul adalah makanan alami yang berkhasiat obat dan tidak ada efek samping sebaiknya pemberian resep bekatul seyogyanya tetap meminum obat dari dokter dan juga setelah berkonsultasi dengan dokter masing-masing. Setelah 1-2 minggu berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk menilai khasiat bekatul sebagai makanan tambahan.

Efek samping Ketika Mengkonsumsi Bekatul

Kadang-kadang diare Ini terjadi pada permulaan pemakaian bekatul, selanjutnya tubuh akan terbiasa. Jika terjadi diare, kurangi dosisnya, misalnya pagi 1/2 sendok makan, malam 1/2 sendok makan (untuk penyesuaian). Apabila tubuh sudah terbiasa maka dosis dapat dikembalikan seperti semula.

Kadang-kadang susah buang air besar Namun hal ini sangat jarang terjadi, disarankan untuk banyak makan makanan yang kaya serat seperti pepaya, oat, dan perbanyak sayuran. Apabila perlu bisa konsumsi vitacharm dosisnya 2 kali sehari, sekali minum 2 s/d 3 botol.

Kadang-kadang menimbulkan rasa mual bagi penderita maag
Untuk mengatasi hal ini disarankan mengkonsumsi bekatul dengan dicampur cairan dan jangan diminum sekaligus (misalnya 1 sendok makan bekatul dicampur dengan 1 gelas air putih hangat) atau memakannya dicampur agar-agar. Dengan cara ini sakit maag akan berkurang, bahkan bisa sembuh. 

Vitamin B15 yang diproduksi oleh Da Vinci Laboratories, kandungannya 50 mg/tablet. Dosis vitamin B15 yang memberikan sukses dalam pengobatan berkisar antara 100 - 300 mg per hari. Cara bekerja vitamin B15, yang paling penting ialah untuk menyempurnakan proses metabolisme di dalam tubuh kita. Penyakit kencing manis, penyakit basedov (gondok), kolesterol tinggi, merupakan penyakit-penyakit yang disebabkan metabolisme terganggu.

Agar lebih mengetahui komposisi dan keunggulan dari bekatul dr. Liem bisa menuju tautan berikut : Bekatul dr. Liem

Referensi : Buku Bekatul Makanan Yang Menyehatkan. Karangan : dr. Liem & Dra. Zalni Yetti Razali, MPd 
Manfaat Dan Khasiat Bekatul dr Liem 4.5 5 admin situs Selasa, 19 Agustus 2014 Manfaat dan khasiat bekatul menurut dr Liem adalah dapat sembuhkan penyakit degeneratif, menjaga stamina tubuh dan membuat awet muda. Yusuf Nursalim atau lebih dikenal dengan nama dr. Liem bercerita tentang awal mula ketertarikan beliau terhadap manfaat dan khasiat bekatul...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar