Manfaat dan Fungsi Vitamin B15

 On Selasa, 19 Agustus 2014  

Vitamin B15 tersedia melimpah di Indonesia dalam kulit ari beras atau bekatul, namun masih jarang orang Indonesia yang mengkonsumsinya dalam dosis yang memadai. Menurut penelitian Dr. Ernest Krebs penemu dari asam pangamat (vitamin B15), vitamin B15 memiliki fungsi mengembalikan metabolisme sel-sel tubuh. Disamping mengembalikan metabolisme tubuh yang mengalami penurunan seiring bertambahnya usia beberapa manfaat dan fungsi vitamin B15 antara lain :

Vitamin B15

Berfungsi Sebagai Antioksidan


Vitamin B15 adalah antioksidan, manfaatnya berkaitan dengan aktivitas oksigen di dalam tubuh. Vitamin B15 dipercaya mampu meningkatkan fungsi sel-sel tubuh dalam mengangkut oksigen saat tubuh sedang mengalami kekurangan oksigen. Ini banyak terjadi kepada para atlet setelah berolahraga, atau saat berada di ruangan yang pengap dan minim oksigen. Oksigen dalam tubuh yang meningkat karena pemberian vitamin B15 inilah yang memicu sel dalam memperbaiki kelelahan pada otot dan otak. Sehingga asam pangamat bersifat antioksidan terhadap siklus oksidasi tubuh.

Yang menarik pada Vitamin B15 ternyata mampu memperbaiki dinding pembuluh darah pada bagian organ tubuh tertentu. Ini menandakan pencegahan terjadinya kerusakan pembuluh darah di daerah organ vital manusia seperti jantung.

Mencegah Penuaan Dini (Anti Aging)


Pada umumnya fungsi vitamin B15 yang satu ini sangat disukai oleh kaum wanita terutama wanita dewasa. Penuaan diri erat kaitannya dengan masalah pada kulit. Seiring bertambahnya usia sering muncul masalah pada kulit seperti kulit terlalu kusam, mulai muncul keriput, terutama pada wajah.

Bagaimana vitamin B15 dapat mencegah penuaan dini? Tentu fungsi dari vitamin B15 adalah sebagai antioksidan. Dimana ia akan menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan akibat terserang oksidasi di dalam tubuh. Selain itu, biasanya multivitamin B15 terdiri dari komposisi dengan vitamin C dan vitamin E. Dimana kedua vitamin itu sudah lama digunakan untuk membantu optimalisasi sel-sel kulit agar terhindar dari penuaan dini. Beberapa perusahaan kecantikan bahkan ada yang menggunakan vitamin B15 secara komersial seperti bahan baku kosmetik.

Membantu Organ Hati Dalam Detoksifikasi


Organ hati adalah senjata utama tubuh ini dalam mendetoksifikasi racun. Setiap hari kita memasukkan makanan dan minuman yang seringkali mengandung bahan kimia seperti pengawet, pemanis buatan, pewarna, lalu menghirup udara yang tercemar. Akumulasi dari zat-zat seperti itulah tubuh akan mengalami keracunan. Organ hatilah yang memainkan peran sebagai penawar racun bagi tubuh agar tetap sehat. Namun jika organ hati ini tidak dijaga dan membiarkan makanan apapun masuk ke dalam tubuh tanpa terkontrol, maka organ inipun akan kesulitan menyaring racun. Diperlukan vitamin untuk menjaga ataupun membantu proses detoksifikasi seperti vitamin B15. Dengan cara membantu menjadi stimulan untuk dapat membuat sistem endokrin lebih aktif sehingga fungsi hati bisa optimal.

Membantu Menyembuhkan Asma


Asma adalah penyakit yang mana seseorang bisa mengalami sesak nafas disaat-saat tertentu. Penyakit juga dikenal sebagai penyakit bawaan atau genetik. Sehingga terkadang jika seseorang memiliki penyakit asthma, dirinya sulit berada di lingkungan yang panas dan berdebu.

Bagaimana vitamin B15 dapat mengatasi penyakit asma? Vitamin B15 dapat membuat sel-sel tubuh mengikat oksigen pada tubuh lebih banyak dan ini berguna saat tubuh kekurangan oksigen. Saat seseorang terserang asma, dengan mengkonsumsi obat yang memiliki kandungan vitamin B15 maka dapat segera teratasi. Dimana vitamin B15 ini akan membawa tambahan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh dan vitamin B15 akan menstimulasi organ tubuh agar lebih banyak menyerap oksigen. Sehingga penyakit asma dapat dihindari dan diringankan dengan vitamin B15 ini.

Masih ada beberapa manfaat kesehatan lain yang diperoleh bila mengkonsumsi vitamin B15 yang dapat ditemukan secara mudah pada kulit ari beras atau bekatul. Di Indonesia pemanfaatan bekatul oleh dr Liem selama 30 tahun telah banyak membantu pasien-pasiennya dalam menyembuhkan penyakit dan sehat kembali.


Referensi : http://wikivitamin.com/manfaat-dan-fungsi-vitamin-b15-asam-pangamat/
Manfaat dan Fungsi Vitamin B15 4.5 5 Admin Situs Selasa, 19 Agustus 2014 Vitamin B15 tersedia melimpah di Indonesia dalam kulit ari beras atau bekatul , namun masih jarang orang Indonesia yang mengkonsumsinya dal...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar