Kandungan Nutrisi Dalam Bekatul

 On Selasa, 19 Agustus 2014  

Bekatul ternyata mengandung banyak nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Bekatul dr Liem mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, kandungan karbohidratnya sekitar 51-55 gram/ 100 gram. Kandungan karbohidrat didapat dari bagian endosperma beras karena kulit ari sangat tipis dan menyatu dengan endosperma. Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dari kulit ari beras inilah yang membuat khasiat bekatul dapat digunakan sebagai makanan untuk diet. Mengkonsumsi 2 sendok makan bekatul setiap malam dapat digunakan sebagai pengganti makan malam dan cukup untuk membuat perut tidak terasa lapar.

Selain kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, kandungan protein pada kulit ari beras / rice bran juga sangat baik, kandungan protein dalam bekatul yaitu sekitar 11-13 gram/ 100 gram. Apabila dibandingkan dengan kandungan protein dalam sebutir telur nilai protein bekatul memang kalah, tapi kandungan protein dalam bekatul dr Liem masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan kedelai, biji kapas, jagung, dan tepung terigu.

Bekatul juga memiliki kandungan asam amino lisin. Dibandingkan dengan beras, kandungan asam amino lisin yang ada dalam bekatul nilainya lebih tinggi. Zat gizi lain yang ada pada bekatul beras putih adalah lemak, kadarnya mencapai 10-20 gram/ 100 gram.

Bekatul juga dapat menghasilkan minyak. Minyak yang diperoleh dari bekatul adalah salah satu minyak makan yang terbaik di antara minyak yang ada saat ini, dan juga sudah dijual secara komersial di beberapa negara. Minyak hasil dari rice bran dikatakan sebagai minyak yang terbaik untuk konsumsi karena memiliki keunggulan. Keunggulan dari minyak bekatul dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol jahat.

minyak bekatul

Bekatul beras putih juga kaya akan vitamin B kompleks dan vitamin E. Vitamin B kompleks sangat dibutuhkan sebagai komponen pembangun tubuh, sedangkan vitamin E merupakan antioksidan yang sangat kuat. Antioksidan yang ada dalam kulit ari beras dapat digunakan sebagai pencegah kanker, dan dalam beberapa kasus pemberian kulit ari beras secara rutin dapat membantu menyembuhkan kanker.

Selain itu, kulit ari beras / rice bran juga mengandung beberapa mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Di setiap 100 gramnya bekatul mengandung kalsium 500-700 mg, magnesium 600-700 mg, dan fosfor 1.000-2.200 mg.

Rice bran juga mengandung serat pangan (dietary fiber). Serat pangan telah umum diketahui sangat bermanfaat dalam saluran pencernaan manusia. Selain untuk memperlancar saluran pencernaan dan mencegah sembelit, serat pangan juga bermanfaat untuk penurunan kadar kolesterol darah. Sehingga rutin mengkonsumsi bekatul setiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

Untuk lebih mengenal kandungan gizi dalam bekatul dapat dibaca pada tautan berikut : Kandungan Gizi dalam Bekatul.

Demikian semoga dapat menambah wawasan kita.

Referensi : KOMPAS.com, Wikipedia English
Kandungan Nutrisi Dalam Bekatul 4.5 5 Admin Situs Selasa, 19 Agustus 2014 Bekatul ternyata mengandung banyak nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Bekatul dr Liem mengandung karbohidrat yang cuk...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar